Rabu, 21 Agustus 2013

Solo Traveling - Malang

Heloh kalian semua yang ada dimana-mana...
dan kamu yang ada di hatiku... #abaikansaja

Well, sebenernya, untuk bulan ini, saya pengen banget bisa ikut project-nya kak Bara yang bernama #CeritaDariKamar. Tapi apa daya, kesibukan (cieh, gue sibuk!) membuat saya nggak bisa nulis tiap hari selama 31 hari di bulan Agustus ini.  Apalagi ini adalah bulan-bulan sibuknya maba (baca : mahasiswa baru). Saya pun mengalami betapa ribetnye bolak-balik kosan-rumah, packing ini-itu, mikirin tugas ospek. Iya, mikirin doang. Nggak dikerjain. 

 Oke, jadi sebenernya di postingan kali ini, saya mau cerita --- curhat tepatnya, soal pengalaman solo-traveling (baca : jalan-jalan sendirian) ke kota Malang. Well, mungkin bukan jalan-jalan ya. Tapi perjalanan. Karena kalau jalan-jalan itu kesannya seneng-seneng gitu. Tapi, saya ke Malang karena ada keperluan : ngambil jaket dan jas almamater. Udah, itu aja. Sebenernya boleh diwakilin dan boleh diambil pas udah mendekati ospek sih. Tapi? Ya karena udah dijadwalin tanggal segitu, dan rasanya nggak puas aja kalau musti ngambil nggak sesuai jadwalnya, akhirnya saya nekat ke Malang sendiri untuk kali pertama. Oh, men! Dan saya dapet banyak pengalaman baru meski cuma 2 hari 1 malam di sana.

Oke, jadi gini...

14 Agustus 2013

Waktu itu masih suasana lebaran yah, jadi di rumah banyak makanan dan tentunya --- tamu. Sebenernya nggak ada masalah, cuma, capek aja. Jadi, meskipun hari sebelumnya saya sudah packing, tapi tetep aja tanggal 14-nya saya masih sibuk bongkar-masukin baju ke tas. Siang setelah Dzuhur, ibuk saya dapet telepon dari Pakdhe yang katanya sodara dari Kendal mau dateng ke rumah. Oke. Finally, kami saling bertemu dan mereka pulang sekitar jam 4 sore. Saya lanjut packing, lalu ada tamu dateng lagi dan itu membuat saya mandi sore saat udah hampir Maghrib. Setelah shalat Maghrib, saya dan bapak makan malem dan --- datenglah tamu lagi. Padahal jam 8 saya musti berangkat loh. Saya pun masuk kamar, beberes barang-barang yang mau saya bawa sambil setengah cemberut. I was just so tired that day, don't know why. Mungkin agak panik juga, khawatir untuk perjalanan solo pertama saya. Jam 8, saya dan bapak berangkat ke Solo di mana saya menunggu bus yang akan membawa saya ke Malang. Dan ya, ini Indonesia kan ya? Jadwal di tiket jam 10 malem, tapi pada akhirnya bus baru nyampe di pool sekitar jam 11an. Mata udah merah pengen merem. Saya naik bus, nyari tempat duduk saya yang ternyata bersebelahan dengan seorang bapak-bapak. Saya melambaikan tangan ke arah Bapak yang masih nunggu di luar bus *bukan drama, emang gitu ceritanya*

Hal yang menyenangkan adalah, selama di bus, saya nggak bosen atau gimana. Itu bapak-bapak di samping saya orangnya ramah dan baik banget. Mulai dari nanya mau kemana dan ngapain, sampai cerita tentang keluarga. Iya, ternyata anak beliau satu-satunya itu perempuan dan seumuran saya. Dan beliau sedang dalam perjalanan pulang setelah mengantar anaknya ke Jakarta. Dan keJakarta buat apa? Buat berangkat ke Yaman. Yaman, salah satu negara di Timur Tengah bukan sih? Iya pokoknya, dia dapet full-scholarship gitu disana *kagum*. Saya hampir berkaca-kaca waktu beliau cerita, karena salah satu impian besar saya adalah bisa study-abroad. Dan bertemu dengan orang yang anaknya bisa meraih mimpi seperti yang saya impikan itu rasanya seperti digedor-gedor hati saya. Kayak ada yang teriakin saya, "Tuh, nop! Dia bisa nop! Masa kamu enggak?". Dan ya, Tuhan memang punya jalan yang unik ya untuk sekedar membangkitkan semangat makhlukNya. Hampir tengah malam, bus sudah mulai sunyi. Tidooor! Dini hari hampir Subuh, beliau turun di Blitar. Saya lupa nama daerahnya. Dan udara makin kerasa dingin. 

15 Agustus 2013

Sekitar jam 6 lebih, saya sampai di pool bus. Karena belum ngerti jalan dan angkot wilayah Malang, saya pun naik taksi untuk bisa sampai di kos. Selama perjalanan, saya menghubungi Bapak Kosan yang ternyata baru akan datang ke kos sekitar jam 8 pagi. Padahal you know what? Kuncinya masih ada di Bapak Kos. Duh. Tapi Tuhan memang baik banget. Nyampe kosan, saya langsug naik dan bertemulah saya dengan Mbak Ria dan adiknya, kami kenalan dan akhirnya saya nitipin tas di kamarnya Mbak Ria --- sementara itu saya mandi pagi dengan air yang dinginnya jangan ditanya. Usai mandi, saya nyari sarapan sama temennya Mbak Ria yang bernama Mbak Tanti. Ada cerita lucu dibalik pencarian sarapan ini.

Begini... ehm...
Karena waktu itu musim liburan, jadi sepanjang gang yang sebenernya hanya berisi kosan, warung makan dan warnet itu pun sepi. Hampir semua warung tutup. Bersyukur, satu warung deket kosan ada yang buka. FYI, saya baru pertama makan disitu ya. Dan...

Mb Tanti : "Buk, rujak satu ya...kamu apa dek?"
Saya       : "Mbak sarapan rujak?" (ekspresi muka kaget campur bingung)
Mb Tanti : "Iya, enak kok. Kamu mau?"

Setauku, rujak itu yang isinya buah dengan bumbu asam pedas dan kadang-kadang dikasih es krim. Ha? Sarapan begituan? Sakit perut menanti dong? Tapi karena Mb Tanti pesen itu, ya udah saya ikut karena pilihannya cuma ada itu, tahu-telor dan mie. Untuk tahu telor saya nggak tahu itu apa, dan untuk mie --- saya menghindari sarapan mie instan. Jadi --- ya udah, rujak!

Saya mendekati si Ibuk yang jualan...

Saya       : "Ini lontong Buk?"
Ibuk         : "Iyo..ini mau pake lontong apa nasi?"
Saya       : (bengong)
Mb Tanti : "Saya lontong Buk.."
Saya       : "Ha? Rujak dikasih lontong Mbak?" (masih dengan ekspresi bingung)
Ibuk         : "Mbak e apa? lontong apa nasi?"

Dengan refleks saya menjawab nasi karena biasa sarapan nasi. Tapi jujur waktu itu masih nggak kebayang rujak dicampur nasi. Yekkksss. Dan --- wallllaaaa...ternyata rujak itu semacam pecel gitu. Jadi ada sayuran, bakwan, dan cingur dengan siraman sambal yang mirip sama sambal pecel. Owalah, ini yang namanya rujak cingur! Sorry no picture.

Usai makan, Pak Kos dateng dan saya langsung mindahis tas dan bawaan saya ke kamar. Finally! Jam 9 pagi, saya berangkat ke GOR kampus untuk ngambil jas dan jaket almamater. Perasaan nggak enak. Udah agak siang, jadi mungkin antrean bakal panjang dan sampai sore. Tapi lagi-lagi, Tuhan memang super-baik. Di depan GOR saya ketemu sama Dina, temen dari Surabaya yang sefakultas sekaligus seprodi sama saya. Sayangnya kami cuma sempet ngobrol bentar karena dia lagi nunggu jemputan sementara saya harus antre. Kurang dari setengah jam, saya sudah masuk GOR. Dan proses di dalem cepet banget. Saya barengan sama anak Tek.Industri yang saya lupa namanya. Dia baik banget, nungguin saya keluar. Ternyata sampai luar dia udah dijemput kakaknya. Sendiri lagi lah saya pulang ke kosan dengan ingatan seadanya. Dan ya, saya lupa jalan pulang! Tapi syukurlah, nyampe juga di kosan sekitar jam 11. Capek sumpah! Malemnya tidur nggak pules (di bus), pagi langsung jalan sepanjang itu. 

Siangnya, saya berencana pesen tiket via telepon karena saya mau pulang keesokan harinya (tgl 16 Agustus). Dan FYI, dunia tiket musim lebaran memang kejam kawan-kawan!

Saya telepon bus A - untuk tgl 16 habis, adanya tanggal 17 - saya bilang, "sebentar ya mbak, nanti saya hubungi lagi."


Saya telepon Ibuk, ngasih tau kalo tiket adanya buat tgl 17(Sabtu), dan Ibuk bilang, "yowis, nggak pa-pa"

Saya telepon lagi bus A, dan, "Wah, barusan isi mbak. Adanya Senin, gimana?"

Senin? Tanggal 19? Gila! Saya bisa mati bosen di kosan. Akhirnya saya coba menghubungi bus B. Dan --- berhasil! Dapet dengan harga yang naik gila-gilaan. Dari 90rb jadi 175. Ah, dunia. 
Mas agen bus : "Mau diambil kapan mbak tiketnya."
Saya                : (bingung) "emmm, sore ini?"
Mas agen bus : "Ya, sebelum jam 7 malem ya mbak."

Masalahnya adalah, saya ke sana naik apa? Oke, selama ini, kalau dari pool bus saya naik taksi ke kosan dan itu membutuhkan uang sebesar 30ribu rupiah. Dan kalau saya kesana hanya untuk ngambil tiket dan pulang lagi dengan taksi, berarti saya harus ngeluarin duit 60 ribu. Gileeeh! Akhirnya --- keluarlah saya dari kosan. Nanya ibu-ibu warung depan kosan dan mereka nggak ngerti jalur angkot. Oke fix, saya desperate.

Saya terus berjalan melewati lorong. Iya, gang di kosan saya emang semacam lorong sempit gitu. Dan kosan saya terletak di ujung lorong. Saya menuju ke jalan dimana angkot-angkot lewat. Tapi sebelum sampai, saya dekati seorang bapak-bapak yang sedang beriri di depan sebuah warung.

Saya        : "Permisi Pak, mau tanya, angkot yang lewat Jalan Hamid Husada itu angkot apa ya   Pak?"
Bapak      : "Hamid Husodo? Nggak ada itu Hamid Husodo...adek mau kemana?"

Saya         : "Mau ke pool bus "B" pak..."
Bapak      : "Travel toh?"
Saya        : "Bukan Pak, bus..."
Bapak     : "Apa ada to ya? Kayaknya Jl,  Hamid Husada itu nggak ada ki dek..."

Karena ini 2013 dimana semua bisa didapat lewat gadget, saya coba browsing dan ternyata alamatnya bukan di jalan Hamid Husada, melainkan Jalan Hamid Rusdi. Yaelah. Pantesan si Bapak nggak tahu, orang salah nama jalan. Akhirnya, si Bapak menjelaskan...

"Nanti kamu dari sini naik AL, terus bilang aja turun di bundaran SMP 5. Nanti kamu nyebrang ke timur,  kira-kira 100 meter lah. Itu nanti jalan Hamid Rusdi." 

Meungkin melihat wajah saya yang masih terlihat bingung, si Bapak berinisiatif menggambarkan saya sebuah denah...





Setelah itu beliau mengantarkan saya ke ujung gang (tempat nunggu angkot), dan Bapak itu nungguin saya sampai dapet angkot. Waktu saya bilang makasih dan minta maaf sudah ngerepotin, si Bapak bilang...

"Nggak pa-pa, saya juga punya anak perempuan mbak. Mbak catet nomer HP saya ya! Nanti kalau bingung langsung telepon saya saja, biar nanti  saya pandu sama anak saya." 

Belum sempat mencatat nomer teleponnya sampai selesai, angkot AL lewat dan saya pun naik. Beliau bilang ke sopirnya...
"Adeknya ini turun bunderan SMP 5 yo...!"

Subhanallah, Tuhan Maha Baik. Dalam keadaan bagaimanapun, Dia akan selalu memberikan kemudahan lewat orang-orang berhati mulia seperti Bapak tadi. Coba kalau nggak ada Bapak tadi, mungkin saya sudah ngabisin 60.000 PP. Padahal dengan angkot, saya cuma perlu sepersepuluhnya saja : 6000 rupiah! 

Turun dari angkot, saya jalan ke arah timur --- masih dengan denah di tangan saya. Kalau nggak nemu plang yng bertuliskan "Jl. Bengawan Solo", mungkin saya bakalan salah belok ke jalan itu tadi. Dan masalah belum berakhir rupanya. Masalah terbesar yang saya hadapi itu sebenernya sangat simpel. Iye, ngebrang jalan. Saya emang dasarnya adalah orang yang takut nyebrang jalan. Tapi kalo di kota kecil kayak Boyolali--- bisa lah. Lah kalo di Malang? Buat saya susah sih. Mungkin karena belum terbiasa aja. Sampe-sampe saya nebeng nyebrang sama ibu-ibu yang juga mau nyebrang. Duh! Tapi akhirnya, tiket pulang berhasil saya kantongi juga.



--balik kosan--

Malemnya, kebingungan nyari makan. Akhirnya nemu mas-mas nasi goreng di ujung gang.

Jumat, 16 Agustus  2013


Bangun pagi, mandi dan nyari sarapan. Dan lagi-lagi, saya masih harus makan di tempat yang kemarin karena hampir semua warung di sepanjang gang tutup. Oke, karena saya sudah bosen makan yang namanya rujak cingur selama seharian kemarin, akhirnya saya mencoba satu-satunya menu yang tersedia selain rujak dan mie instan : tahu telor. Dalam bayangan saya, tahu-telor mungkin akan terlihat seperti gado-gado. Tapi, beginilah bentuknya...



(Isinya lontong - telur dadar dengan isi tahu - sambal - taoge - krupuk)

Porsi tahu telor ini gede banget ya buat saya. Jadi bisa nahan laper sampe sore. Seriusan.

Di kos, saya dikasih Bapak Kos satu makanan yang belum pernah saya temui sebelumnya...

(Kayaknya dari ketan sih --- semacam lemper dengan taburan kacang)
Karena makan  itu tadi, saya nggak makan sampai sore karena itu camilan ternyata bikin kenyang banget.

Sorenya, pulang! 
Karena bawa barang bawaan banyak, saya nggak mungkin naik angkot dan musti jalan ratusan meter berbonus nyebrang  sampai di pool bus. Akhirnya saya naik taksi lagi. 30 ribu. Nggak-pa-pa lah, traveler abal-abal --- masih banyak belajar. 

Ada kejadian lucu sekaligus memalukan di pool bus. Duh. Saya memang selalu naik bus dari pool-nya kalau dari Solo. Tapi kalau dari Malang, ini kali pertama. Jadi, waktu saya masih duduk di deretan kursi tunggu penumpang, lewatlah bus dengan nomor 355, dan itu adalah bus saya! Saya sudah berdiri, bersiap-siap. Eh, itu bus malah jalan. Dan dengan paniknya saya berjalan cepat ke arah jalan raya --- berniat mengejar bus karena saya pikir itu bus nggak tahu kalau ada yang mau naik. Eh ternyata --- itu bus jalan ke timur beberapa meter untuk ngambil ancang-ancang masuk ke halaman pool. Saya pun kembali duduk di kursi tunggu. Sementara beberapa pasang mata yang juga calon penumpang tengah duduk manis nan santai sambil memerhatikan saya. Mungkin mereka nahan ketawa. Duh sumpah, malu! Tapi bodo amatlah! Nanti juga nggak ketemu lagi yakan? Kalaupun ketemu itu paling karyawannya bus yang kerja di pool itu, dan semoga sudah lupa sama muka saya. 

--- Naik bus---

Dapet tempat duduk di barisan nomer 2 deket jendela. Dan tanpa teman duduk. Barulah ketika sampai di daerah Kepanjen (atau mana gitu ya --- lupa), bangku di sebelah saya terisi juga. Well, sepanjang perjalanan agak kurang asik ya karena migren menyerang. Tapi akhirnya sampai di Terminal Boyolali jam 2 pagi. Dan ---- pulang ke rumah *peluk kasur*

Begitulah cerita traveler abal-abal ini.
Semoga suatu hari nanti impian terpendam untuk jadi traveler yang bener-bener traveler bisa terwujud. Amin. Bantuin amin-in dong....
Anyway, dua hari lagi saya mau pindahan ke Malang. Yap, kuliah! Kok cepet banget ya? And --- life starts here! #sekalian iklan nutri*lon

Salam Traveler Abal-abal.
Bye.




3 komentar:

  1. let me guess, 355, Malang, pasti ini Rosalia Indah Malang Tegal, enak sih langsung Boyolali, tapi kalo pengen nyambung, Malang-Surabaya 20 Rb, Surabaya Solo, 38 Rb (AC Ekonomi), Solo-Boyolali (10 Rb), tapi yang Malang SBY ga tau malem ada g, kalo yg SBY-Solo, am Solo-Smg 24 Jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener itu Rosalia Indah.Loh, kok kenal kota Boyolali sih? Soalnya rata-rata orang nggak tahu Boyolali itu mana -___-
      Waa, lebih hemat ya kalau via Surabaya, tapi musti oper-oper dulu.. heheh, btw thanks info dan kunjungannya :D

      Hapus
  2. meski udah entah taun kapan postingan ini, tapi cukup untuk belajar dari pengalaman orang :D thanks

    BalasHapus