Sabtu, 05 Januari 2013

Liburan : Gelap Terang Goa Pindul !

Eh, akhirnya pulang juga ke blog ini. Anyway, blog ini sedang dalam tahap renovasi jadi mohon dimaklumi. Soalnya beberapa waktu lalu, saya yang berniat mengganti template blog (mungkin) melakukan beberapa kesalahan. Ya, jadilah seperti ini, widget-widget kabur semua entah kemana. Dan belum sempet benerin blog yang udah cukup amburadul ini.

Well, liburan kali ini agak beda ya. Biasanya saya lebih banyak ditemenin sama Internet tiap kali libur panjang. Tapi kali ini --- we go back to nature! Yeay! Awalnya sih emang udah lama banget pengen maen sekeluarga kemana gitu. Tapi, lagi-lagi karena masalah ‘waktu’, rencana itu tinggalah rencana. Akhirnya libur semesteran tahun ini bener-bener diniatin HARUS MAIN *senyum puas*

My Mom is not really love to take a trip. Jadi, beliau pengennya ke tempat yang deket-deket aja. Agak kontras sama kami (re : Bapak, kakak dan saya) yang selalu excited setiap kali akan melakukan hal semacam ini, sebut saja --- liburan. Awalnya, Ibu saya mengusulkan Wonogiri sebagai tujuan kami. Katanya, di sana banyak obyek wisata yang belum banyak didatangi wisatawan mengingat sebenarnya kami memang pengen ke tempat yang bagus tapi nggak terlalu rame. Dan kitapun mengiyakan.

Beberapa hari kemudian, saya terlibat konversasi dengan kakak saya … Begini….

Kakak : ”eh, sebenernya di Jogja ada itu loh…goa. Bagus loh katanya. Mending ke situ aja deh ya daripada Wonogiri...”
Saya    : ”Ha?Goa apaan?”
Kayak  : ”Apa ya namanya? Pokoknya sekitar Gunungkidul…lupa namanya?

            Wait…wait….
            Goa? Di Gunungkidul? Kayak nggak asing gitu ya. Kayak pernah baca dimana gitu. Dan, beberapa menit kemudian baru ngeh! Ternyata, saya pernah baca di blog bang Indra Widjaya tentang goa ini karena dulu dia sempet ke sana dan diposting di blognya. Penasaran sama nama goanya, saya pun langsung buka HP dan nyari gampar-gambar dari blognya bang Indra Widjaya yang alhamdulillah saya simpen hahaha. Dan ketemulah namanya --- Goa Pindul!

Saya    : ”Goa Pindul bukan?” (menyodorkan HP saya dengan maksud supaya kakak saya bisa melihat foto bang Indra dengan papan bertuliskan Goa Pindul di belakangnya)
Kakak : ”Nah...iya! Goa Pindul!”

Usulan saya dan kakak pun diterima. Jadi, fix! Tujuan kami adalah kota pelajar, Yogyakarta *senyum kemenangan*. Sekalipun ini liburan panjang untuk para pelajar. Tapi tetep, kita sekeluarga nggak mungkin bisa kumpul kecuali hari MINGGU. Untung ya, ada hari Minggu.

Akhirnya, kami berangkat pada hari Minggu, kayaknya sih tanggal 16 Desember ya. Yang jelas itu sehari setelah terima rapor. Nah, berangkatkah kami yang terdiri dari saya, Bapak, Ibu, kakak, Budhe dan sepupu saya.

Saya excited banget karena :
  1. Akhirnya liburan!
  2. Saya mau ke Goa Pindul! FYI, Goa Pindul ini agak unik. Jadi, kalau goa-goa yg sebelumnya pernah saya masuki itu ya--- masuknya pake kaki alias jalan. Tapi kalau yang ini pake ban pemirsa! My very first time experience.

Sampai di Pindul....

Ternyata--- ramai sekali pemirsa! Kami musti antri untuk mendaftarkan diri. Jadi, di sini ada beberapa paket. Ada yang cuma masuk goa, masuk goa+rafting sampai paket homestay. Dan kami memilih ---- masuk goa saja! Padahal, jujur, saya pengen banget cobain rafting. Tapi berhubung dibutuhkan waktu yang cukup lama (sampai sore) untuk rafting ini, maka ya sudahlah. Masuk goa saja. Setelah mendaftar, kami harus mengunggu dulu sampai nama kami dipanggil mengingat yang antre waktu itu banyak banget. Hmmm

Finally, kami dipanggil dan siap ---- berubah! *ngaco* Siap untuk memulai petualangan, maksud saya. Kami pun segera mendekat ke arah guide kami yang sudah menyiapkan pelampung untuk kami. Nah, beginilah kenampakan kami dengan balutan pelampung orange nan ngejreng.











Kami mengikuti sang guide untuk menuju ke lokasi (re: goa). Dan ternyata masih jalan beberapa menit lagi untuk sampai ke sana. Kami berjalan sambil bawa ban yang mau kita pake. So much fun! 












 
Mulai masuk ke air. Sayangnya, pas masuk goa kamera nggak dibawa. Karena sempet ditakut-takuti petugas kalo ntar riskan jatuh kalo bannya kedorong-dorong yang lain. Taunya----- di dalem pada bawa kamera juga -____-




----Di dalem Goa---

Karena gak bawa kamera yaudahlahnya diceritain aja. Di sini ban kita ditarik sama guide kita dari depan. Dan mereka itu jago nyelam loh! *yaiyalah*. Yang mengejutkan adalah----di dalem ternyata rame buaaangert! Kata guide-nya, kalo Minggu emang kayak gitu. Jadi, untuk temen-temen yang mau ke sana, saya recommend untuk ambil hari selain Minggu. Biar syahdu petualangannya *halah*.

Intinya, Goa Pindul ada 2 zona, zona gelap dan zona terang. Zona gelap ada di tengah, sementara di ujung-ujungnya terang. Dan di sini, kami sempet diberi instruksi juga sebelum masuk, bahwa masuk ke sini ada aturannya. Berhubung tempat ini termasuk tempat yang dikeramatkan sama warga sekitar, jadi seinget saya ini sih yang perlu diperhatiin :
  1. Nggak boleh teriak-teriak di dalam goa.
  2. Nggak boleh ngucapin kata-kata yang kurang sopan
  3. Nggak boleh mengambil segala bentuk barang yang ada di goa (batu dan teman-temannya)
  4. Bagi cewek, harus dalam keadaan suci ( tidak sedang dalam halangan/ datang bulan)

---Yang Berkesan---
  1. Pas di Zona Gelap, it’s not really dark actually! Haha. Karena waktu itu rame banget dan lucunya, di dalem goa sempet kena traffic jam. Gila! Keren ya, ada macet juga di Goa Pindul. Berhubung banyak pengunjung, guide nya otomatis lebih banyak juga kan. Dengan begitu cahaya lampu senter makin banyak juga. Ya, begitulah. Zona gelap yang --- padat. Somehow, pada saat itu saya keinget sama film ”Journey To The Centre of The Earth” entah kenapa.

  1. Pas di zona terang terakhir (akses keluar) viewnya bagus banget. Jadi, bebatuan di atas kita itu bolong. Dan cahaya matahari bisa masuk ke dalam goa lewat lobang yang cukup besar itu. Dan di bebatuan sekitarnya, banyak hijau-hijau entah itu daun atau lumut yang kalo kena sinar matahari itu jadi bagus banget, ditambah air goanya. Teringat lagi sama satu film, entah apa namanya.

---Dan akhirnya keluar---




Jalan lagi ke tempat semula, tempat kita mendaftar....


Selesai di Pindul, kami bertolak ke tempat selanjutnya. Kemanakah itu? Baca ya ntar di postingan selanjutnya. Yang ini kepanjangan haha. Oh iya, makasih buat bang Indra Widjaya beserta blognya yang secara tidak langsung memberi info kepada kami.

Thank God, Mom and Dad. I love youuuuu :*







Tidak ada komentar:

Posting Komentar