Minggu, 26 Juni 2011

Tentang Guru Itu . . . [part I]

31 Mei 2011
(Kalau nggak salah, agak lupa tepatnya)

Sudah beberapa minggu kami sebagai siswa kelas X diberi tugas oleh guru seni rupa kami untuk membuat mozaik. Mozaik ini harus berbahan kain, dan saat itu kelompok kami membuat mozaik dengan ukuran 40 cm x 60 cm (seinget saya sih segitu). Nah, tiap kelompok terdiri dari 5-6 orang. Waktu itu sih kelompok saya beranggotakan saya, inne, aviv, rochma, myra sama anin.

Sebenernya, itu tugas udah diberikan cukup lama dan paling tidak dikumpulin sebelum semesteran. Tapi mungkin beberapa minggu kemudian setelah tugas itu diberikan, kami baru mulai bergerak. hehehehe

Jadi waktu itu kita mulai dengan diskusi, mau bikin apa? gambarnya apa? terus kain yang dibutuhin warna apa? Dan, pilihan kita jatuh di pohon sakura *kalo di pohon bukan jatuh kali yaa, tapi nyangkut
:mHihi:

Pohon sakura itu berada di tengah figura, sementara dalam kolorasi nanti bakalan ada dua sisi. Sisi satu di siang hari, dan sisi yang satunya lagi malam. Kalo gak salah inget sih yang sisi kiri malam, yang kanan siang.

Diskusi...diskusi..diskusi...dan akhirnya mulailah kita beraktivitas dengan kertas, pensil, penggaris dan teman-temannya. Kita mulai menggambar objek. Ada juga yang masih mendiskusikan warna. Ada yang nyiap-nyiapin kain. Ada yang udah gunting-gunting kain.

Minggu-minggu itu rasanya kelas udah kayak gudang pabrik tekstil *hahahaha
Ada kain di sana, kain di sini, gunting-gunting di atas meja, potongan kain berceceran di sana-sini. Huaaah, tapi kelasnya jadi rame. Berantakan tapi menurutku suasana kelas yang enak ya kayak gitu.hahahaha.

Waktu istirahat yang biasanya kita menghabiskan waktu lebih banyak dengan makanan, saat itu jadi cepet-cepet jajan setelah denger bel (biar nggak banyak antrinya,hahaa) terus langsung balik ke kelas dan bekerja lagi. Begitulah...

Waktu pulang kadang kita juga ngelanjutin bikin tuh mozaik, sekalipun cuma nambah beberapa kotak.hahahaa (kayaknya lebih banyak ngobrolnya, tapi asiiiik)

Hmm, begitulah tentang tugas mozaik itu.
Tapi ada apa dengan tanggal 31 Mei 2011???

Selasa, kami mengikuti pelajaran Bhs. Indonesia di jam terakhir (saya pernah cerita tentang guru mapel B.Indonesia saya yang paling banyak ngasih tugas). Hari itu, guru kami itu lagi ada urusan sehingga masuk ke kelas agak telat. Tapi sebelumnya, kami emang udah dikasih tugas (lupa deh tugasnya apa, seinget saya dikasih kertas buram gitu, terus suruh ngerjain). Tahu kabar kalau beliau bakalan masuk agak telat, kami *khususnya saya sih* senangnya gak karuan. hahahaha

Langsung deh kita keluarin seperangkat alat pembuatan mozaik *wuuuzz* Kain, gunting, kertas, lem....semua tertumpah di meja. Pintu kelas ditutup rapat, dan dikunci dari dalam, music : on (hahahaa, asiiik). Kertas buram yang entah apa isinya tadi nggak digubris sama sekali.

Waktu itu ada yang lagi ngobrol, lagi main-main, ngegame, dan lain-lain. Saya, aviv sama anin, ngelanjutin bikin mozaik ini. Karena kan bulan juni udah semesteran, nah makanya kita suka curi-curi waktu buat ngerjain mozaik ini.

Semua berjalan lancar....sampai kemudian....

Ada oang buka pintu, pada kaget dan langsung pada mempersiapkan diri. Matiin musik, balik ke kursi, beresin meja, dan termasuk saya dan kedua temen saya yang waktu itu berusaha secepat mungkin beresin meja yang penuh potongan kain. Karena pintu nggak segera dibuka, orang di luar tadi sampai sedikit menggedor-gedor pintu kelas. Begitu pintu dibukain sama salah seorang teman saya...

Masuklah guru kami tercinta itu *ahahaha* dengan raut muka yang nggak enak banget. Cemberuuuut banget. Dari situ udah ada perasaan nggak enak. Waktu itu saya masih membereskan meja dari alat-alat macem pinset gunting, mozaiknya belum saya gulung juga, hahaa parah (kebetulan waktu itu pengerjaan di meja saya,hehe).

Kalo gak salah inget sih kayak gini konversasinya :

Guru saya berdiri di depan meja yang berada di depan meja saya (hehe). Jadi saya duduk di bangku no.2 dari depan, guru saya berdiri di depan bangku paling depan. Begitu....hehe

Saya : (beresin meja, gulung mozaik)
Guru: "Itu...ngapain itu malah main-main? Ngapain itu mainan kain segala?!" (setengah membentak)
Saya: "Nggak mainan kok bu... tugas bu..." (sambil beresin)
Guru: "Ini pelajaran apa?"
Saya: (Diem, sambil ngilangin serat-serat kain yang tertinggal di meja pake tangan)
Guru: "Tugas apa itu?"
Saya : Seni rupa bu...
Guru: blah...blah...blah.... (saya lupa kalimat persisnya, tapi yang jelas inti dari ucapan beliau itu..."Ngapain kamu ngerjain tugas seni rupa, ini kan jam mapel saya! Bukannya ngerjain tugas dari saya, mlah ngerjain tugas mapel lain. Mana tugas dari saya? Semua, keluarkan tugasnya tadi!")

Saya : (nyari tuh kertas burem yang belum saya kerjain sama sekali)
Waktu itu kayaknya mayoritas temen-temen nggak ngerjain juga deh. Kalaupun ada mungkin bisa dihitung. hahahaaa

Guru : "Mana kerjaan kamu?" (parah nih, saya terus yang di-interview)
Saya : "Belum ngerjain bu..."
Guru : "Belum dikerjain gimana to? ayo, tadi mengerjakan (seni rupa) sama siapa saja?"
Saya : (agak mikir bentar, nggak enak nyeret temen) "Emm, sama teman sekelompok bu.."
Guru : "Siapa teman kelompoknya?Mana? Siapa saja?"
Waktu itu saya lagi bersihin rok, masih ada kain-kain kecil nempel.
Guru : "Eh, ditanya kok? Mana teman sekelompok kamu? Kok malah hadap ke bawah!"

Haduh, saya kan lagi bersihin rok bukan menyengajakan diri menghadap ke bawah...
:mDarah:

Saya : "Ini bu cuma sama aviv, sama anin" (menunjuk aviv yang duduk di belakang saya)
Guru: "Ayo, siapa saja!!!!"

Si aviv, anin sama myra tunjuk jari. Padahal waktu itu myra nggak ikut ngerjain loh, tapi dia ikut menanggung... hahaha, maaf ya myr *ngaciiir

Guru : "1,2,3,4 KELUAR....!!!" (ini kalimat yang paling saya ingat dari hari itu,hahahaah)

Kami berempat (saya, aviv, anin, myra) beneran keluar dari kelas siang itu. Sampe di luar saya kaget, ketiga temen saya pada bawa buku plus kertas burem berisi tugas tadi. Sementara saya keluar dengan tangan kosong. Alhasil, saya masuk lagi ke kelas ngambil buku dan temaan-temannya.

Sebenarnya, kami disuruh mengerjakan tugas itu tadi di ruang guru. Tapi kami malah memilih untuk duduk- duduk di depan ruang guru. Bukannya mengerjakan, tapi malah ngobrol sana-sini. Haduuuuh, dasar. Tapi beberapa soal sempet kami kerjain juga kok, hahaha

Karena hari itu males banget, udah jam terakhir lagi. Jadi kami putusing nggak balik ke kelas sampe bel pulang berbunyi.

(Bel Pulang)
Kami mau balik ke kelas, tapi sengaja lewat jalan yang mana nggak bakalan dilewati sama guru kami tadi. Jadinya, kami nggak bakalan ketemu di jalan.haha. Rasanya udah males banget hari itu...

Dan kami pun pulang...


N.B : Jangan lewatkan lanjutannya yaa..

:mKenyang:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar