Kamis, 26 Agustus 2010

Hati-Hati dengan Online Shop

Kenapa saya memilih judul “Hati-Hati dengan Online-Shop” ? hehehehe. Kenapa?
Ya terserah saya lah mau kasih judul apa.ahahahaha. Sebenarnya udah agak lama mau nulis ini, tapi karena baru sempet ya sudahlah saya kerjakan hari ini.

Jadi, sebenarnya selama ini saya tidak pernah bermasalah dengan online-shop manapun.

Pas SD itu sukanya beli perangko special edition (kalau pas ada event-event tertentu atau mungkin memang diadakan perangko special edition). Waktu itu sih yang edisi Cerita Rakyat, World Cup 2006 (dalam bentuk booklet), sama edisi khusus Harry Potter yang Dumbledore’s Army. Nah, kalau yang satu ini sih nggak pernah ada masalah karena belinya dari PT.Pos Indonesia, jadi terjamin lah. Pasti bakalan nyampe ke tangan saya setelah konfirmasi pentransferan. Beli perangko ini cuma sampai SMP kelas satu, soalnya lama-lama males juga, hahaha (mulai berganti hobi).

Terus pas SMP, saya sempet beli kaset di salah satu online-shop. Awalnya tuh bingung, nyari ke mana-mana gak ketemu. Karena waktu itu kira-kira tahun 2008 dan yang saya cari-cari itu kaset yang dirilis tahun 2004 *stress saya*.hahaha. Mana mungkin juga di toko kaset (bukan bekas) ada yang jual. Mentok-mentoknya juga cari di olnile-shop ini.
Awalnya, saya coba hubungin yang punya toko itu kan, terus responnya baik. Dia bilang kaset yang saya cari kosong, tapi kalau mau bakalan dicariin. Yah saya jawab aja ”iya”. Saya pikir bakalan lama, atau malah gak ketemu. Eh...hari berikutnya tiba-tiba diSMS kalau kasetnya udah ada. Hahaha...good service! Yah...terus habis itu dimulailah negosiasi harga, dan akhirnya terjadi sebuah kesepakatan di antara kami. Abis transfer, konfirm ke masnya. Dan dua hari kemudian tuh kaset nyampe ke rumah.hehehehe. Lancar sekali. Recommended Seller lah pokoknya ! Soalnya toko ini emang udah lama berdiri dan sudah sangat kondang.ahahah

Hmm...lalu pas kelas 9 SMP, pas udah mau lulus (hehehe) saya beli tas di sebuah online-shop. Kalau yang ini sih proses produksi agak lama soalnya handmade, sekitar satu minggu. Tapi nyampe juga lah akhirnya dengan lancar.

Nah, ini nih yang bikin saya paranoid sama yang namanya online-shop.
Jadi waktu itu 8 Juli 2010 (sebelum puasa), saya order kaos sama si agan di kaskus. Udah kasih data lengkap kan, terus abis itu sesi transfer berjalan lancar. Terus kan saya konfirm ke agannya kalau saya udah transfer pas tanggal 12 Juli 2010. Si agannya terus bilang, proses produksinya 2 minggu. Hmm...jadi waktu itu, harusnya kalau dihitung kira-kira tanggal 26 Juli 2010 sesi produksi selesai. Dan paling nggak barang udah ada di saya akhir Juli lah. Ternyata sampai waktunya, belum nyampe juga. Terus saya tanya lah sama si agan, gimana kelanjutan projectnya. Akhirnya tanggal 30 Juli saya diSMS kalau :

’Produksi belum bisa selesai karena vendornya lagi banyak orderan yang lain juga. Terus katanya awal Agustus udah bisa selesai.’

Yah, dengan pernyataan seperti di atas saya cukup lega lah. Paling nggak ada kejelasan kapan barang itu selesai.

Sampai juga di bulan Agustus. Sabar nunggu, tapi kok ya nggak ada kabar lagi. Tanggal 6 Agustus si agannya SMS lagi :

Katanya, barang selesai hari Selasa (7 Agustus) dan bisa dikirim Rabunya. Diikuti dengan permintaan maaf atas keterlambatannnya.

Hmm...tapi setelah itu nggak ada kabar lagi, SMS di atas itu SMS terakhir dari si agan. Sampai pertengahan Agustus tuh saya kejar terus, saya SMSin. Tapi kok ya gak dibales ! Benar-benar menyebalkan. Masalahnya, dia gak ngasih keterangan yang jelas. Kalau emang belum bisa jadi, ya gak apa-apa asalkan dianya kasih kabar, kasih kepastian kapan bisa dikirim. Jadi kesannya itu nggak lari dari tanggung jawab. Huuuh...sabar.

Sekitar minggu lalu, saya telpon dia (pake nomor orang lain karena kalau pake nomor saya mungkin bakalan gak diangkat.hahaha). Sekitar jam setengah enam pagi saya telpon, gak sopan banget ya saya telpon pagi-pagi. Bodo ah, dia kan udah bawa duit saya. Begini konversasinya :
Agan : ”Halo?”
Saya : ”Ya. Dengan agan NS (hehe..)?”
Agan : “Halo? Halo?”
Saya : “Haloo..gimana gan kaosnya?”
Agan : ”Kaos?” (malah kayak orang bingung, hmmm bad signal nih )
Saya : ”Iya gan, kaos yang kemarin gimana?”
Agan : ”Ini dengan siapa ya?”
Saya : ”Novi”
Agan : ”Oh..mbak Novi, iya iya. Gini mbak, sebenernya udah ada kaosnya. Cuma saya belum ada waktu buat ngirim. Saya kan lagi OSPEK, berangkat pagi pulangnya malem. Ini aja udah mau berangkat mbak.”
Saya : ”Oh..gitu ya? Terus kapan bisa dikirim gan ? Udah lama banget tuh molornya.
Agan : ”Iya...saya usahain secepatnya.”

Ya...begitulah ceritanya. Dan sampai sekarang, belum ada keterangan lebih lanjut. Masya Allah...sabar... Semoga aja emang si agannya aja yang belum ada waktu. Tapi kalau cuma nipu? Ya saya bisa apa ? Melayanglah duit saya...
Jadi, hati-hati ya....

24 Agustus 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar